5 Rekomendasi Aplikasi Android Untuk Para Content Writer

5 Rekomendasi Aplikasi Android Untuk Para Content Writer

5 Rekomendasi Aplikasi Android Untuk Para Content Writer – Dengan semakin majunya teknologi sekarang ini, banyak hal yang dapat dilakukan dengan lebih mudah. Salah satunya yaitu mendapatkan pemasukan dengan cara menjadi content writer. Saat ini banyak platfrom media online yang membuka kesempatan bagi para content writter untuk mengirimkan artikel dan apabila lulus kurasi akan diterbitkan serta diberikan bayaran.

Siapapun bisa jadi penulis. Dan membicarakan penulis, produknya nggak cuma novel atau skrip film aja. Ada banyak jenisnya. Mulai dari penulis lirik, naskah, penyair, cerita pendek, pidato, sampai blogger –seperti saya.

5 Rekomendasi Aplikasi Android Untuk Para Content Writer

Ya, ada banyak media yang membuka kesempatan agar tulisanmu bisa ditampilkan. Memang, hanya sedikit pilihan yang menyediakan bayaran. Tapi, kalo kamu menemukan platform yang tepat, kamu bisa dapat bayaran berkali lipat.

Proses menulis saat ini bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja menggunakan smartphone. Dengan aplikasi berbasis Android yang tersedia di Play Store, seorang content writer dapat mengunduh aplikasi untuk menunjang proses menulis dalam pembuatan artikel. Apa saja aplikasi Android yang dapat membantu kita dalam proses pembuatan artikel? Berikut ini lima rekomendasi aplikasinya.

1. Google Dokumen

5 Rekomendasi Aplikasi Android Untuk Para Content Writer

Google Dokumen adalah aplikasi yang mempunyai fungsi mirip dengan Microsoft Word. Hal yang membedakan yaitu Microsoft Word bekerja secara offline dan penyimpanan data di internal storage, sedangkan Google Dokumen bekerja online dan data disimpan di cloud storage, yaitu Google Drive.

Google Dokumen ini dapat kita gunakan untuk membuat draft sebelum kita menulis pada template suatu platform media online. Mengapa kita perlu membuat draft di Google Dokumen, tak langsung di template yang disediakan?

  • Bisa kita jadikan data backup jika tulisan kita tidak terbit, karena tulisan yang sudah di-submit biasanya tidak bisa disunting lagi.
  • Data draft kita lebih aman dari virus dan kemungkinan hilang jika dibandingkan dengan menyimpan di internal storage PC atau laptop.
  • Data lebih mudah diakses di mana saja dan dengan perangkat apa saja selama tersambung dengan internet.
  • Terdapat fitur spelling and grammar check untuk pengecekan typo dan memberikan saran kata yang lebih sesuai.

2. Google Translate

5 Rekomendasi Aplikasi Android Untuk Para Content Writer

Google Translate adalah fitur Google selanjutnya yang bisa kita gunakan sebagai alat bantu dalam proses menulis. Beberapa platform media online lebih menyukai sebuah artikel yang referensinya berasal dari media asing. Jika kita tidak menguasai bahasa Inggris dengan baik, maka kita akan kesulitan untuk membuat artikel dengan referensi dari media asing.

Sesuai dengan namanya, Google Translate berfungsi sebagai penerjemah bahasa asing. Dengan Google Translate, kita bisa menerjemahkan suatu sumber artikel dari media asing ke dalam bahasa Indonesia.

3. Plagiarism Checker

Suatu media online sangat selektif dalam menerbitkan suatu karya tulis, terlebih dalam hal plagiarisme, yaitu tindakan pelanggaran hak cipta dengan menjiplak hasil karya tulis orang lain. Sengaja atau tidak disengaja, karya tulis kita pasti memiliki unsur kesamaan dengan karya tulis orang lain. Pertanyaannya, bagaimana kita mengetahui karya tulis kita mengandung unsur plagiarisme atau tidak?

Salah satu solusinya yaitu dengan menggunakan aplikasi Plagiarism checker. Aplikasi ini dioperasikan menggunakan Android dan bisa diunduh di Play Store. Caranya cukup mudah. Copy paste tulisan kita ke dalam aplikasi tersebut, lalu jalankan fungsi checking. Aplikasi tersebut akan menampilkan persentase kemiripan karya tulis kita dengan karya tulis orang lain. Selain itu, aplikasi juga menunjukkan teks mana yang mirip dengan karya tulis orang lain serta link situs yang memuat karya tulis tersebut.

4. Pixabay

Suatu artikel akan lebih menarik dan jelas jika disertai dengan gambar ilustrasi. Namun, terkadang kita terkendala mencari gambar yang pas dengan artikel kita. Jangan khawatir, saat ini kita dapat dengan mudah mencari gambar untuk artikel kita dengan kualitas gambar yang baik dan gratis. Salah satunya Pixabay.

Pixabay tersedia dalam bentuk aplikasi di Play Store sehingga kita bisa mengaksesnya kapan saja dan di mana saja. Aplikasi ini mendapat rating 4,7 dan telah diunduh lebih dari satu juta kali.

5. Instagram

Menulis merupakan suatu proses kreativitas yang berkaitan dengan ide. Ide bisa datang dari mana saja dan kapan saja. Terkadang kita sangat kesulitan untuk memunculkan suatu ide, sehingga kita perlu suatu referensi yang bisa merangsang ide.

Banyak hal yang bisa memberikan kita ide untuk menulis, salah satunya adalah Instagram. Konten dalam instagram sangat bervariasi dan bisa menumbuhkan ide kita dalam menulis. Kita bisa follow akun Instagram yang sesuai dengan genre favorit kita dalam menulis. Konten dalam Instagram biasanya tidak bertele-tele. Durasi videonya juga relatif singkat sehingga sangat cocok bagi kita yang hanya butuh gambaran suatu ide.

Itulah 5 Rekomendasi Aplikasi Android Untuk Para Content Writer. Dengan aplikasi yang disediakan secara gratis ini, seorang content writer bisa membuat artikel dengan mudah di mana saja dan kapan saja.

Bagaimana? Apa kalian ingin membuat aplikasi milik sendiri? Tentunya saat ini kalian bisa dengan mudah membuat aplikasi dengan langsung menghubungi ke nomor 0812-8779-4646 agar kalian bisa langsung konsultasi untuk pembuatan aplikasi.

 

Category:
Blog