5 Rekomendasi Software Terbaik Untuk Transkrip Audio ke Teks

5 Rekomendasi Software Terbaik Untuk Transkrip Audio ke Teks

5 Rekomendasi Software Terbaik Untuk Transkrip Audio ke Teks – Anda memiliki file audio berisikan dialog narasumber? Ingin mengolahnya menjadi teks? Tidak perlu melakukannya secara manual, sebab sudah banyak beragam software transkrip pengubahh audio ke teks yang patut dicoba.

5 Rekomendasi Software Terbaik Untuk Transkrip Audio ke Teks

5 Rekomendasi Software Terbaik Untuk Transkrip Audio ke Teks

Sepertinya hampir semua industri membutuhkan layanan pengubah suara ke teks, seperti saat berada di persidangan, membuatkan subtitle untuk video, dan sebagainya.

Sekarang cukup banyak aplikasi di luar sana yang menyediakan fitur transkrip suara. Daripada bingung untuk memilih, sebaiknya simak 5 Rekomendasi Software Terbaik Untuk Transkrip Audio ke Teks, berikut ini!

1. Amazon Transcribe

5 Rekomendasi Software Terbaik Untuk Transkrip Audio ke Teks

Siapa sih yang tidak mengenal Amazon? Rupanya perusahaan raksasa tersebut juga menyediakan layanan transkrip audio menjadi teks yang memiliki begitu banyak fitur. Mau itu seorang pegawai kantoran, podcaster, YouTuber, atau pelaku profesional di industri perfilman, Amazon Transcribe dijamin bisa membantumu menyelesaikan tugas dengan jauh lebih cepat.

Pasalnya, software yang berbasiskan cloud ini dapat menambahkan tanda baca dengan tepat, menyelipkan timestamp supaya kamu bisa membuat subtitle film dengan mudah, serta menyaring agar kosakata tertentu tidak ikut dimasukkan ke dalam teks.

Software ini juga bisa digunakan untuk kebutuhan medis seperti melakukan diktasi pada percakapan dokter dan pasien, ataupun penerapan lainnya yang berkaitan. Oh iya, Amazon Transcribe juga bisa mengenali beberapa pembicara sekaligus, lho! Jadi kamu bisa lebih mudah mengenali dialog tanpa takut tertukar.

2. Dragon Speech Recognition Solutions

Dragon Speech Recognition Solutions adalah penyedia serangkaian software penyedia layanan transkrip suara ke teks. Ada banyak jenisnya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, namun yang paling utama adalah Dragon Professional Individual untuk PC, dan Dragon Anywhere untuk smartphone (Android dan iOS).

Dragon Professional Individual menggunakan teknologi Deep Learning untuk menghasilkan tulisan yang sangat akurat. Sesuai namanya, teknologi Deep Learning akan berusaha mempelajari preferensi kamu, seperti format penulisan tanggal, nomor telepon, dan sebagainya.

Dan, tidak perlu khawatir kalau kantor kamu cukup berisik, karena Dragon Professional Individual bisa melakukan optimasi pada suara agar tetap bisa diubah ke teks secara akurat.

Kalau kamu mau pakai aplikasi smartphone, bisa mengandalkan Dragon Anywhere yang berbasiskan cloud. Tapi, HP kamu harus selalu terkoneksi ke internet untuk menggunakannya.

Oh iya, baik Dragon Professional Individual untuk PC dan Dragon Anywhere bisa merekam suara secara non-stop, lho! Berbeda dengan beberapa software yang membatasi durasi perekaman untuk setiap sesinya.

3. Windows Speech Recognition

Tidak perlu repot unduh aplikasi, sebenarnya sistem operasi Windows yang kamu gunakan sudah ada fitur speech to textlho! Fitur pengenal teks ini pertama kali dijumpai pada sistem operasi Windows Vista, lalu kemudian berlanjut ke Windows 7, 8, dan 10.

Untuk penggunaan di Windows 10, yang kamu perlu lakukan adalah menekan shortcut Windows + Ctrl + S. Lalu, sebuah jendela perkenalan akan muncul. Jendela ini akan membimbingmu dalam melakukan pengaturan Windows Speech Recognition untuk pertama kalinya, seperti membantu memilih sumber mic yang tepat, melakukan pengetesan suara, dan lain sebagainya.

Dengan Windows Speech Recognition, kamu bisa memberikan beragam perintah hanya melalui suara, seperti membuka aplikasi, seleksi file, dan navigasi sederhana lainnya. Dan tentu saja, fitur sistem operasi ini juga sanggup “menyulap” suaramu menjadi teks.

Keunggulan lainnya, Windows Speech Recognition ini bisa berfungsi di berbagai software pihak ketiga dan bisa digunakan secara offline. Akurasi dari software bawaan ini akan meningkat apabila sering digunakan, melakukan adaptasi atas suara dan perintah-perintah yang relevan.

4. Verbit

Tidak hanya dapat melakukan transkrip audio secara real-time, Verbit pun bisa membuatkan versi tulisan dari file audio yang kamu masukkan. Verbit memiliki lima kategori industri yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu, seperti Court Reporting yang bisa merekam suara secara real-time untuk keperluan pengadilan.

Ada juga kategori eLearning dan edukasi khusus penyandang disabilitas yang dapat diintegrasikan ke LMS (Learning Management System). Dan, untuk kamu yang ingin membuat subtitle secara otomatis untuk video YouTube, kamu juga bisa gunakan Verbit untuk menghasilkan file berformat SRT, VTT, SCC, dan lain-lain.

Verbit juga menjanjikan akurasi yang mencapai 99%, cocok untuk profesional yang tidak mau repot-repot mengecek apakah teks yang dihasilkan sesuai dengan dialog sebenarnya. Sayangnya, Verbit tidak menampilkan keterangan harga untuk setiap paketnya.

5. Speech Texter

5 Rekomendasi Software Terbaik Untuk Transkrip Audio ke Teks

Nah, yang terakhir ini, kamu tidak perlu repot lagi melakukan penginstalan. Soalnya Speech Texter adalah aplikasi pengubah suara ke teks berbasiskan web. Cukup membuka browser, masuk ke lama SpeechTexter.com, dan kamu sudah dapat melakukan pengetikkan teks via suara.

Aplikasi web ini tentunya bisa diakses di mana saja (PC dan smartphone), dan bisa digunakan secara gratis! Lebih cocok untuk individu alih-alih untuk keperluan industri. Yang kerennya lagi, SpeechTexter mendukung hingga 60 bahasa, termasuk bahasa Indonesia dan bahkan bahasa Jawa!

Nah, itu tadi 5 Rekomendasi Software Terbaik Untuk Transkrip Audio ke Teks yang akan mempermudah urusanmu. Kini, tidak perlu lagi membuat file transkrip secara manual yang bisa memakan waktu hingga berjam-jam.

Bagaimana? Apa kalian ingin membuat aplikasi milik sendiri? Tentunya saat ini kalian bisa dengan mudah membuat aplikasi dengan langsung menghubungi ke nomor 0812-8779-4646 agar kalian bisa langsung konsultasi untuk pembuatan aplikasi.

 

 

 

 

Category:
Blog