Belajar Pemrograman Web Untuk Pemula Pertanyaan di atas sangat sering diajukan oleh programmer pemula atau kalangan awam yang ingin mulai belajar web programming. Saya juga sering ditanya terkait masalah ini baik melalui email maupun dari kolom komentar yang ada di duniailkom. Ini sangat sangat bisa dimaklumi, karena saking beragamnya materi terkait web programming, banyak programmer pemula bingung mesti memulai dari mana.

Pada artikel kali ini, kalian akan mendapatkan informasi mengenai membuat pemrograman web untuk pemula, tidak perlu khawatir karena banyak orang dengan dunia internet bisa membuat pemrograman web untuk pemula, Kuncinya adalah Rajin membaca.

Web programming terdiri dari dua suku kata yaitu web dan programming. Programming dapat diartikan sebagai proses, cara, atau pembuatan suatu program. Sedangkan web dapat diartikan sebagai jaringan komputer yang terdiri dari kumpulan situs internet yang menawarkan teks, grafik, suara dan sumber daya animasi melalui protokol transfer hypertext(HTTP).

Jadi, web programming adalah suatu proses, cara, atau pembuatan suatu program berbasis web. Dalam memahami web programming, mungkin terbesit di dalam benak Anda harus darimana Anda memulai dalam mempelajari web programming. Pada artikel ini, Logique akan menjelaskan mengenai tahapan-tahapan dalam mempelajari web programming secara runut hanya untuk Anda.

Tahap-Tahapan Dalam Belajar Pemrograman Web Untuk Pemula

  1. HTML & CSS
  2. PHP
  3. Database
  4. JavaScript
  5. Tambahan

Tahapan awal dalam mempelajari web programming adalah menguasai HTML (Hyper Text Markup Language) terlebih dahulu. HTML merupakan suatu komponen dari pemrograman yang cukup penting untuk dipelajari bagi para web developer. Sebab, secara garis besar HTML berfungsi untuk menampilkan tulisan, link, dan garis yang menjadi komponen utama pada suatu website.

Selain HTML, penting juga bagi para web developer untuk menguasai CSS (Cascading Styles Sheet). CSS berfungsi sebagai pendukung dari komponen HTML yang telah dikembangkan. Dengan CSS, komponen HTML yang telah dibuat dapat disempurnakan dan terlihat lebih menarik. Jika Anda telah menguasai HTML dan CSS, maka Anda sudah dapat membuat website statis dengan interface yang menarik.

Keuntungan Belajar Pemrograman Web Untuk Pemula

  • Waktu dan Tempat yang Fleksibel
  • Biaya Yang digunakan Lebih sedikit
  • dapat disesuaikan dengan Kemampuan

Dalam kegiatan belajar pemrograman online, kita dapat menyesuaikan kapan dan dimana Anda akan melakukan belajar pemrograman online. Kita bisa melakukannya di kamar, di ruang makan, bahkan bisa sambil ngopi di caffe. Belajar online hanya memerlukan waktu dan tempat agar dapat melakukannya.

Kegiatan belajar online sangat cocok untuk seseorang yang sibuk karena sudah memiliki kegiatan lain misalnya yang sudah bekerja atau pelajar yang masih sekolah. Hal ini karena kegiatan belajar pemrograman online dapat dilaksanakan dimanapun dan kapanpun, maka memungkinkan Anda untuk belajar kapan saja saat memiliki waktu luang yang dapat dipakai. Perlu diingat kegiatan belajar pemrograman ini jangan dipakai untuk menggantikan waktu istirahat Anda. Karena istirahat pun itu sangat penting untuk dilakukan.

Menarik sekali bukan? Kalau Anda ingin belajar cara membuat Pemrograman Web yang lebih menarik dan agar banyak dikunjungi oleh orang lain, kalian harus memahami alur cara pembuatan website tersebut dengan banyak membaca konten yang ada di Google, karena di Google terdapat banyak sekali cara membuat website yang gratis dan mudah, tentunya dengan Belajar Pemrograman Web Untuk Pemula.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *