7 Rekomendasi Website Untuk Cek Plagiarisme

7 Rekomendasi Website Untuk Cek Plagiarisme

7 Rekomendasi Website Untuk Cek Plagiarisme – Bagi Anda yang aktif di dunia penulisan mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata plagiarisme. Istilah plagiarisme sudah tidak asing ditemui dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam dunia penulisan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), plagiarisme adalah menjiplak, penjiplakan yang melanggar hak cipta.

Plagiarisme adalah tindakan mencontoh atau mencomot karya seseorang secara langsung. Dalam dunia kependidikan ini adalah hal tabu dan bukan tidak mungkin masalah plagiarisme menjadi alasan utama untuk tidak meluluskanmu.

7 Rekomendasi Website Untuk Cek Plagiarisme

7 Rekomendasi Website Untuk Cek Plagiarisme

Nah, untuk berjaga-jaga, Anda dapat melakukan cek plagiarisme di situs-situs online gratis. Tetap hati-hati ya saat mengecek plagiarisme. Karena bisa jadi data Anda akan tersimpan dan ketika dicek kembali akan muncul 100% plagiarism.

Plagiarisme dalam bentuk tulisan merupakan masalah yang sering terjadi karena mudah untuk dilakukan. Oleh sebab itu, untuk mencegah plagiarisme, ada beberapa cara cek plagiarisme dalam teks atau dokumen dengan mudah dan praktis. Berikut penjelasannya.

1. PlagScan

PlagScan menawarkan fitur cek plagiarisme dengan membuat akun gratis terlebih dahulu. Kunjungi situs plagscan.com lalu buat akun baru. Untuk cek plagiarisme, masukkan teks pada kolom yang tersedia atau unggah dokumen dan klik “Check Plagiarism”. Teks atau dokumen yang dicek hingga 2.000 kata per pencarian. Hasil yang mengandung plagiarisme dan kutipan akan ditampilkan dengan sorotan dalam teks. Sumber asli serta persentase juga ditampilkan dengan jelas dan dapat diakses.

2. Duplichecker

Situs cek plagiarisme gratis lainnya yang dapat Anda temui di Duplichecker. Duplichecker adalah situs web untuk cek plagiarisme dengan mudah dan gratis. Kunjungi situs duplichecker.com dan masukkan teks ke dalam kotak pencarian maksimum 1.000 kata per pencarian. Anda juga dapat unggah dokumen atau gunakan alamat situs web. Jika tidak ditemukan kecocokan, akan muncul pesan “No Plagiarism Detected!”. Jika ada kecocokan, Duplichecker akan menampilkan berapa persen jumlah plagiarisme serta sumber teks.

3. Plagiarism Checker

Plagiarism Checker dapat mendeteksi plagiarisme dalam teks dengan mudah namun terbatas hanya 1000 kata per pencarian. Buka situs plagiarism-checker.me kemudian Anda dapat menyalin dan menempelkan teks pada kolom yang tersedia atau mengunggah dokumen. Plagiarism Checker mendukung format dokumen DOC, DOCX, TXT, PDF, PPTX, ODT, RTF, TEX, WKS, WPS dan WPD. Teks yang mengandung plagiarisme akan ditampilkan dalam bentuk persen serta sumber asli.

4. Plagiarisma

Plagiarisma mampu mendeteksi plagiarisme dengan berbagai cara. Situs web ini juga mendukung lebih dari 190 bahasa. Untuk cek apakah, cukup kunjungi situs plagiarisma.net dan masukkan teks. Anda juga dapat unggah teks dari Google Drive atau komputer, Plagiarisme mendukung format teks TXT, HTML, RTF, DOC, DOCX, XLS, XLSX, PDF, ODT, EPUB, FB2, dan PDB. Teks atau dokumen akan diproses dan apabila ada bagian yang merupakan plagiat, plagiarisma akan menampilkan dalam bentuk persen.

5. Plagiarism Detector

Plagiarism Detector merupakan situs gratis dengan tampilan sederhana untuk cek plagiarisme. Buka situs plagiarismdetector.net lalu masukkan teks dalam kolom yang tersedia atau unggah dokumen melalui komputer. Situs ini membatasi 1.000 kata per pencarian. Setelah diproses, frasa atau kalimat yang mengandung plagiarisme akan ditampilkan beserta persentase kecocokannya. Dengan klik “Matched Text”, Anda akan diarahkan ke sumber asli dari teks orisinal.

6. Copyleaks

Copyleaks menyediakan fitur cek plagiarisme dengan membuat akun terlebih dahulu. Melalui situs copyleaks.com, pengguna bisa daftar untuk mendapatkan akun secara gratis kemudian masukkan teks atau unggah dokumen yang akan dicek. Copyleaks mendukung format dokumen DOC, DOCX, PPT, dan PDF serta terbatas hanya 20 kali cek dalam sebulan untuk akun gratis. Hasil yang akan ditampilkan berupa persentase dari bagian yang mengandung plagiarisme.

7. Quetext

Quetext memberikan versi gratis bagi pengguna dengan batas hanya 500 kata per satu teks. Kunjungi situs quetext.com, cukup salin teks Anda dan tempel di kotak yang diberikan lalu klik tombol “Check Plagiarism” untuk memulai proses. Setelah diproses, hasil akan muncul dalam bentuk teks dengan bagian-bagian yang ditandai dengan warna merah. Bagian warna merah tersebut adalah adalah konten yang dijiplak, Anda dapat mengarahkan kursor ke bagian tersebut untuk menemukan sumber asli.

Demikian 7 Rekomendasi Website Untuk Cek Plagiarisme dengan mudah dan gratis. Dengan banyaknya pilihan yang ada, diharapkan plagiarisme dapat dicegah sehingga karya yang dihasilkan merupakan buatan asli yang tidak melanggar hak cipta.

Bagaimana? Apa kalian ingin membuat aplikasi milik sendiri? Tentunya saat ini kalian bisa dengan mudah membuat aplikasi dengan langsung menghubungi ke nomor 0812-8779-4646 agar kalian bisa langsung konsultasi untuk pembuatan aplikasi.

Category:
Blog