6 Jenis eCommerce Yang Perlu Diketahui

6 Jenis eCommerce Yang Perlu Diketahui

6 Jenis eCommerce Yang Perlu Diketahui – Dengan semakin berkembangnya teknologi serta berbagai kemudahan yang diberikan oleh internet dimana transaksi penjualan dan pembelian pun juga banyak dilakukan secara online dan mungkin kalian sering mendengar istilah e commerce.

Orang mungkin sering menggunakan istilah e-commerce untuk mendeksripsikan marketplace padahal mereka berbeda, dimana e commerce hanya menjual produk dari website itu sendiri, jadi kalian tidak akan menemukan lebih dari satu toko online seperti di marketplace.

6 Jenis eCommerce Yang Perlu Diketahui

Ecommerce sendiri yaitu aktivitas penggunaan teknologi informasi dan komunikasi pengolahan digital dalam melakukan transaksi bisnis untuk menciptakan, mengubah, dan mendefinisikan kembali hubungan antara penjual dan pembeli.

6 Jenis eCommerce Yang Perlu Diketahui

Mungkin masyarakat hanya mengneal e-comerce sebatas toko online atau tempat menjual barang kebutuhan tapi ternyata jenis jenis e commerce ini lebih luas dari pada itu, jenis jenis e commerce lainnya punya banyak pihak baik sebagai produsen maupun konsumen, berikut adalah informasinya.

6 Jenis eCommerce Yang Perlu Diketahui

  • Business to Business

Jenis ecommerce  yang satu ini ialah yang paling besar karena meliputi transaksi yang dilakukan antar perusahaan atau jenis usaha dimana jenis ini dilakukan oleh orang atau pihak yang saling berkepentingan dalam menjalankan bisnis dimana keduanya saling mengenal dan mengetahui proses bisnis yang dilakukan.

  • Business to Consumers

Business to Consumers ini ialah jenis bisnis e-commerce yang paling umum dan paling dikenal oleh masyarakat dimana jika b2b ini memasarkan barang dan jasa kepada perusahaan lain maka B2C ialah proses transaksi yang dilakukan antara produsen barang atau jasa langsung kepada konsumen akhir layaknya toko ritel.

  • Consumer to Consumer

Selain b2c ada Consumer to Consumer yang juga termasuk jenis bisnis e -commerce yang populer dimana C2C ialah transaksi barang atau jasa yang dilakukan dari konsumen kepada konsumen dimana C2C  terbagi jadi dua yakni marketplace dan clasfield.

  • Consumer to Business

Seperti namanya dimana jenis consumer to business ini merupakan transaksi jual beli produk atau jasa yang dilakukan dari konsumen kepada perusahaan dimana ini merupakan kebalikan penuh dari jenis B2C yang dijelaskan sebelumnya dimana jenis ini menawarkan produk atau jasa terhadap perusahaan yang membutuhkan dan siap membelinya.

  • Business to Administration dan Consumer to Administration

Business to Administration atau dikenal sebagai business to government ialah jenis e commerce yang menjual produk atau jasa kepada lembaga pemerintah dimana nantinya pihak bisnis akan menawarkan berbagai jenis produk yang dibutuhkan untuk operasionalisasi dan proyek pemerintah dimana transaksi ini dilakukan dengan mengajukan tender.

  • Online to Offline

Ini merupakan jenis bisnis baru dimana produsen menggunakan dua saluran baik itu online maupun offline dimana pihak produsen akan melakukan sebuah promosi, menemukan konsumen, menarik konsumen serta meningkatkan kesadaran mereka terhadap produk dan layanan melalui jaringan online dimana diteruskan dengan melakukan pembelian di toko offline.

Bagaimana? Tentunya mengetahui jenis-jenis Ecommerce ini penting diketahui agar kita mengenal luas wawasan mengenai jenis jenis Ecommerce yang memiliki banyak sekali manfaat dan fungsinya tentu kalian bisa tahu tentang Ecommerce dengan membaca artikel 6 Jenis eCommerce Yang Perlu Diketahui.

Category:
Marketing