5 Rekomendasi Situs Pemendek Link Terbaik

5 Rekomendasi Situs Pemendek Link Terbaik – Apakah Anda pernah ingin membagikan suatu link di media sosial dan ternyata link itu sangat panjang? Begitu panjangnya link itu sehingga melampaui kuota karakter yang diperbolehkan.

5 Rekomendasi Situs Pemendek Link Terbaik

5 Rekomendasi Situs Pemendek Link Terbaik

Kehidupan zaman modern membuat jenis pekerjaan baru bermunculan. Salah satunya adalah blogger, yang membuat konten baik itu dalam bentuk tulisan, gambar, atau video. Memutuskan menjadi blogger artinya kamu bekerja secara mandiri.

Sebab, kamu sendiri yang menentukan kapan bekerja, di mana tempatnya, hingga jangka waktu untuk menyelesaikan target. Semua tampak fleksibel, sehingga kamu punya banyak waktu lebih bersama keluarga.

Hanya saja, jika kamu adalah blogger baru, ada satu upaya yang mesti kamu lakukan agar blog-mu makin terkenal dan dikunjungi banyak orang. Upaya itu adalah membagikan link (tautan) blog-mu ke media sosial. Kamu bisa membagikannya ke status WhatsApp, Facebook, atau Twitter.

Berikut 5 Rekomendasi Situs Pemendek Link Terbaik. Semuanya termasuk populer karena cukup banyak digunakan di Indonesia. Silakan pilih dan coba satu per satu situs di bawah ini untuk menemukan yang paling cocok.

1. TinyURL

Twitter memanfaatkan layanan dari TinyURL sebelum punya pemendek link sendiri. TinyURL dipilih Twitter salah satunya karena usianya yang sudah matang. Benar, situs link shortener adalah salah satu yang tertua lantaran berdiri pada 2002.

Hal yang paling menjanjikan dari TinyURL adalah tidak adanya kedaluwarsa dari link yang dipendekkan. Artinya, sekali kamu memendekkan link di sini, selamanya akan aktif. TinyURL memang tidak mewajibkan penggunanya untuk membikin akun. Namun, jika kamu punya akun gratis, berbagai fitur esensial sudah bisa kamu dapatkan.

Seperti bikin link pendek tanpa batas dengan jumlah klik tak terhingga, kustomisasi link, dan statistik berdasarkan history 30 hari. Adapun kalau ingin berlangganan, paket termurahnya dihargai 9,99 dolar AS/bulan. Salah satu benefit-nya yakni bisa memantau statistik dari history selama 2 tahun.

Fitur unggulan:

  • Gratis.
  • Link aktif selamanya. Anda tak usah cemas mengenai broken link.
  • Bisa memperpendek link melalui toolbar. Tak perlu mengunjungi website TinyURL, Anda bisa memperpendek link melalui toolbar dengan satu klik saja.

2. Bitly

Bitly merupakan situs short URL terbaik dan terpopuler saat ini. Salah satu alasannya karena Anda tak perlu membuat akun untuk menggunakan Bitly. Plus, Anda juga bisa memperpendek link sebanyak yang Anda inginkan.

Hal ini mengherankan karena situs yang didirikan oleh perusahaan asal Amerika Serikat ini sudah ada sejak 2008. Saking populernya, bitly rata-rata memperpendek 600 juta link setiap hari.

Brand kedai ayam kenamaan dunia McDonald’s pun acap kali memanfaatkan bitly sebagai pemendek URL setiap kali mereka melakukan promosi. Menggunakan bitly sangat aman, praktis, dan mudah. Kamu tinggal mengetikkan alamat bit.ly lalu menempelkan alamat yang sudah kamu salin ke kolom yang disediakan.

Tak sampai dua detik alamat yang dipendekkan sukses dibikin. Link pendek yang sukses dibikin aman karena dijamin sudah dienkripsi HTTPS. Kamu bisa memendekkan link di situs bitly sebanyak-banyaknya kendati tanpa akun. Namun, jika punya akun gratis, kamu bisa meraih berbagai keuntungan.

Di antaranya adalah, bikin link custom (hanya link belakang) berjumlah 50 tiap bulan, memberi tag pada link, menyimpan history sampai 30 hari untuk melihat statistiknya, dan bisa langsung posting link ke Twitter dari situs bitly.

Kalau belum puas dengan layanan gratisnya, kamu bisa berlangganan paket basic 29 dolar AS per bulan. Beberapa keuntungannya, kamu bisa meng-custom link sesukamu, membuat link jadi QR Code, dan bisa memendekkan link secara massal.

Fitur unggulan:

  • Tanpa membuat akun tetap bisa memperpendek link sebanyak mungkin.
  • Akun gratis menyediakan fitur yang bisa membantu bisnis online Anda. Misalnya, fitur kustomisasi URL dan pelacak CTR.
  • Enkripsi HTTPS, menjamin keamanan link yang Anda perpendek.
  • Cara membuat short URL sendiri yang sangat mudah.

3. T2M

Satu lagi situs short URL terbaik dengan fitur lengkap. T2M memiliki dashboard di mana Anda bisa melihat berbagai statistik data. Dashboard ini mempermudah Anda melakukan analisis performa dari berbagai link yang telah diperpendek.

T2M juga menawarkan kustomisasi URL yang bisa Anda atur kadaluwarsanya, memperpendek banyak link sekaligus, dan membagikan link ke media sosial cukup dengan satu klik saja.

Salah satu fitur unik T2M yang yang jarang ada di situs short URL lain adalah Custom Analytic Reports. Fitur ini memungkinkan Anda untuk meminta laporan statistik yang tidak disediakan di dashboard bawaan.

Anda bisa meminta alamat IP orang yang mengklik, browser yang digunakan, seberapa sering orang itu mengkliknya, dan masih banyak lainnya. Anda tinggal minta saja laporan custom yang diinginkan kepada customer support T2M.

Dengan fitur yang melimpah tersebut, sayangnya T2M tidak menawarkan versi gratis atau free trial sekalipun. Versi termurah adalah paket Basic yang bisa Anda nikmati selamanya dengan membayar $ 5.

Fitur unggulan:

  • Dashboard dengan berbagai statistik sehingga mempermudah Anda melakukan analisis performa link.
  • Kustomisasi URL yang bisa diatur tanggal kadaluawarsanya.

4. S.id

Organisasi nirlaba yang bertugas sebagai nama domain .id, PANDI, punya layanan manajemen link. Nama layanannya adalah S.id yang alamat aksesnya sama seperti tertulis. Memendekkan link di situs S.id juga cukup mudah, sekali pun kamu tidak punya akun.

Kamu tinggal copy link yang ingin kamu pendekkan, lalu paste di kolom yang tersedia. Keunggulan dari situs ini adalah ringan dibuka di berbagai platform. Waktu aksesnya tetap cepat kendati situs yang link-nya kamu pendekkan dikunjungi berjuta-juta orang.

Adapun kalau kamu bikin akun gratis di situs S.id, kamu bakal memperoleh dua kemudahan lain. Pertama, kustomisasi link agar keren dan mudah diingat orang. Kedua, kamu punya akses untuk mengetahui berbagai statistik kunjungan link yang diberikan secara real-time.

5. Adsafelink

Situs link shortener ini memang dirancang agar familier buat warga Indonesia. Hal ini terlihat dari tampilan situs yang berbahasa Indonesia. Satu hal yang ditonjolkan Adsafelink adalah potensi penghasilan yang diberikan jika kamu mendaftar dan memakai layanannya.

Adsafelink memberi bayaran Rp21 ribu per 1000 klik dari tiap link yang kamu pendekkan. Ada pula bonus 15% jika kamu berhasil mengajak orang untuk mendaftarkan diri di situs ini. Kamu bisa menarik uang pendapatanmu minimal Rp50 ribu untuk ditransfer ke rekening bank, pulsa, atau dompet digital yang ada di Indonesia.

Berbagai tool yang diberikan Adsafelink lumayan lengkap, salah satunya adalah MasShrinker. Tool ini berguna saat kamu hendak memperpendek link yang jumlahnya banyak dalam sekali waktu. Ada pula tool Website Script yang bisa otomatis memendekkan seluruh link di laman situs atau blog-mu.

Nah, 5 Rekomendasi Situs Pemendek Link Terbaik yang terkenal dipakai di Indonesia.

Bagaimana? Apa kalian ingin membuat aplikasi milik sendiri? Tentunya saat ini kalian bisa dengan mudah membuat aplikasi dengan langsung menghubungi ke nomor 0812-8779-4646 agar kalian bisa langsung konsultasi untuk pembuatan aplikasi.