5 Cara Optimalkan Whatsapp Business Untuk Meningkatkan Penjualan

5 Cara Optimalkan Whatsapp Business Untuk Meningkatkan Penjualan

5 Cara Optimalkan Whatsapp Business Untuk Meningkatkan Penjualan- Salah satu cara untuk meningkatkan orderan dari bisnis yang kita punya adalah dengan mengoptimalkan pengguna WhatsApp Business. Masyarakat di indonesia menggunakan WhatsApp sebagai platform berkomunikasi mereka, sekaligus menunjukkan bahwa aplikasi WhatsApp berada di peringkat kedua setelah Youtube.

Aplikasi WhatsApp Business memiliki tujuan untuk mempermudah dalam terhbung langsung dengan para pelanggan dan membantu mempromosikan produk yang di punya. Terdapat beberapa fitur dalam aplikasi yang bisa digunakan untuk membantu dalam meningkatkan penjualan.

5 Cara Optimalkan Whatsapp Business Untuk Meningkatkan Penjualan

Berikut ini adalah Tips untuk mengoptimalkan WhatsApp Bussines untuk meningkatkan bisnis. Yuk, langsung simak ulasannya berikut ini!

1. Berikan informasi dan produk secara lengkap di bagian profile dan catalog

5 Cara Optimalkan Whatsapp Business Untuk Meningkatkan Penjualan

Penting dalam mencantumkan informasi secara detail tentang bisnis Anda. Hal ini dapat membantu memberikan pengetahuan tentang bisnis kepada pelanggan. Selain itu, mengisi profil lengkap akan membuat terlihat lebih profesional dan terpercaya di mata konsumen. WhatsApp Business dapat memperlihatkan carang maupun layanan bisnis Anda dengan fitur catalog. Fitur ini membantu pelanggan untuk menelusuri dan menemui sesuatu yang ingin didapatkan. Untuk mengisi profil dan produk/layanan toko Anda, Anda bisa pencet titik tiga di pojok kanan atas > setting > business tools > business profile untuk mengisi profil dan catalog.

2. Gunakan fitur greeting dan away message untuk membuat impresi yang baik

Ketika seorang pelanggan mengirimkan pesan untuk pertama kali ke WhatsApp Business, Fitur greeting akan secara otomatis memberikan balasan sapaan. Dan fitur ini dapat mengirimkan pesan pada pelanggan yang tidak melakukan komunikasi atau taransaksi dengan Anda selama 14 hari. Layanan pesan otomatis lainnya yaitu away message. fitur ini berguna saat bisnis Anda sedang tidak beroperasi atau pada saat di luar jam operasional toko.

Kedua fitur ini sangat bermanfaat dalam memberikan ekspektasi waktu respon kepada pelanggan yang sudah mengirimkan pesan. Untuk mengaktifkannya cukup mudah, ketuk titik tiga di pojok kanan atas > setting > business setting > greeting message atau away message.

Dalam pemilihan kata, usahakan jangan sampai terlihat bahwa itu adalah balasan otomatis. Anda bisa gunakan bahasa interaksi sehari-hari agar terlihat lebih “manusia”. Anda juga dapat menambahkan emoji untuk memberikan kesan yang ramah.

3. Manfaatkan fitur quick replies agar lebih efektif dalam membalas pesan

Fitur WhatsApp Business selanjutnya yang mempermudah Anda sebagai pebisnis adalah quick replies. Sebagai pebisnis, pasti Anda sering menerima pertanyaan yang sama dari berbagai pelanggan. Dengan fitur ini Anda bisa membuat pola jawaban sehingga tidak perlu mengetik lagi. Konsumen pun juga tidak harus menunggu lama.

Cara kerja dari fitur ini adalah dengan mengetikkan simbol ‘/’ maka pola yang telah dibuat akan muncul. Untuk membuatnya kamu bisa ketuk titik tiga di pojok kanan atas > setting > business setting > quick replies.

4. Buat broadcast untuk memberikan informasi dan promosi

Menerima informasi atau promosi melalui pesan WhatsApp dapat lebih personal daripada melihat sekilas di media sosial atau iklan. Nah, Fitur broadcast di WhatsApp Business sangat penting untuk mendorong penjualan. Untuk membuat broadcast di WhatsApp Business caranya cukup mudah. Ketuk titik tiga di pojok kanan atas > new broadcast > pilih kontak yang ingin kamu tuju > ketuk ikon centang di pojok kanan bawah.

5. Berikan kategori kontak menggunakan label

Dalam WhatsApp Businnes fitur label berfungsi untuk menandai kontak atau chat tertentu. Label ini dapat mempermudah pebisnis dalam berkomunikasi dengan pelanggan. Fitur ini membantu untuk dapat mengenali pelanggan serta mengurutkan pesan sesuai dengan urgensi.

Terdapat beberapa label yang sudah tersedia, yaitu new customer (prospek), new order (pesanan baru), pending payment (menunggu pembayaran), paid (terbayar), dan order complete (pesanan selesai). Selain itu, Anda bisa menambahkan label lain sesuai dengan keinginan. Cara mengaktifkan fitur ini adalah ketuk dan tahan chat yang ingin kamu beri tanda > ketuk ikon label yang muncul di deretan atas menu utama > pilih label yang ingin dipasang.

Itulah 5 Cara Optimalkan Whatsapp Business Untuk Meningkatkan Penjualan dengan mengoptimalkan WhatsApp Business. Jadi, apakah Anda siap untuk mencobanya?

Bagaimana? Apa kalian ingin membuat aplikasi milik sendiri? Tentunya saat ini kalian bisa dengan mudah membuat aplikasi dengan langsung menghubungi ke nomor 0812-8779-4646 agar kalian bisa langsung konsultasi untuk pembuatan aplikasi.

Category:
Blog