5 Cara Mengelola Keuangan Dengan Baik

5 Cara Mengelola Keuangan Dengan Baik – Keuangan ini merupakan sebuah hal yang penting untuk dikelola dimana mengelola keuangan memang tidak semudah seperti yang dibayangkan tapi bagaimanapun kita juga harus tetap berusaha untuk tahu cara mengelola keuangan dengan baik.

Sebenarnya mengelola keuangan ini ada banyak caranya dan kalian harus memilih cara mana yang sesuai dengan kalian dan beberapa faktor seperti seberapa besar pengeluaran, apa saja tanggungan dan rencana kedepan tentu kalian akan menentukan bagaimana cara yang tepat dalam mengelola keuangan tersebut.

5 Cara Mengelola Keuangan Dengan Baik

Mengatur keuangan ini juga bukan hanya memperhitungkan setiap pemasukan dan pengeluaran tapi juga belajar bagaimana cara keduanya berjalan dengan seimbang, tidak besar pasak daripada tiang sehingga menimbulkan defisit keuangan

5 Cara Mengelola Keuangan Dengan Baik

Nah, tentu jika kalian bingung ini ada beberapa cara dalam mengelola keuangan yang ampuh untuk membangun masa depan agar lebih stabil.

5 Cara Mengelola Keuangan Dengan Baik

  • Mengatur Gaji Dengan Prinsip 50-20-30

Cara mengatur keuangan yang pertama ini sederhana tapi banyak orang tidak tahu, jadi mengatur anggaran dengan sistem 50-20-30 ini ialah setiap gaji atau penghasilan yang diterima dialokasikan 50% dari uang tersebut untuk biaya hidup, seperti makan, transportasi, seewa murah, tagihan listri dan air termasuk kartu kredit, selanjutnya 20% dari gaji untuk tabungan dan investasi, juga dana darurat misalnya ketika sakit, motor rusak atau kejadian tak terduga kemudian 30% ini untuk hiburan, liburan, belanja baju atau membeli barang yang diinginkan, jka terlalu besar kalian bisa memperkecilnya.

  • Gambarkan Diri Kalian Saat 80 Tahun

Saat ini memang masih masuk dalam usia generasi milenial 20 – 30 tahun tapi coba bayangkan ketika di usia 80 tahun apakah masih ingin bekerja atau ingin menikmati hidup bersama anak cucu? Jika tidak ingin masa pensiun nelangsa tanpa bekal keuangan tentu harus mulai berpikir soal tabungan pensiun sejak masih muda.

  • Siapkan Dana Pensiun

Tidak banyak orang yang memikirkan dana pensiun selagi mereka usia produktif, rata rata mereka berfikir bahwa uang yang diperoleh hanya untuk memenuhi kebutuhan sekarang, padahal mereka perlu mempersiapkan dana atau tabungan pensiun dimana kalian akan menjadi tua dan sudah tidak produktif bekerja tentu dapat menyisihkan 10% dari bulanan gaji untuk setoran dana pensiun.

  • Investasikan Uang

Menginvestasikan uang merupakan keharusan di masa kini dimana investasi saat ini dapat dilakukan dengan nominal relatif rendah selain itu saat ini juga memilih cukup banyak pilihan produk investasi dimana investasi beberapa macam mulai dari resiko rendah hingga tinggi dan investasi akan memberikan keuntungan di masa depan.

  • Siapkan Asuransi

Cara mengatur keuangan di masa sulit ini salah satunya ialah dengan menyiapkan dana khusus untuk asuransi dengan asuransi anda tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu terjadi sesuatu yang tidak diinginkan tapi kalian perlu memilih asuransi yang terpercaya, mudah dalam melakukan pencairan dana serta premi yang ringan sesuai kemampuan.

Nah, tentunya kalian bisa menerapkan cara diatas sebagai cara terbaik untuk mengelola keuangan agar stabil di masa pandemi seperti ini agar kalian bisa memiliki masa depan yang cerah dengan tabungan di masa produktif ketika muda dengan 5 Cara Mengelola Keuangan Dengan Baik.